Rabu, 11 April 2012

Gempa Dasyat Kembali Menyerang Aceh


Pernyataan Pacific Tsunami Warning Center (PWTC)  tentang datangnya tsunami, setelah dua gempa besar melanda Propinsi Aceh telah dibatalkan oleh petugas pemantau tsunamai.

Peringatan datangnya tsunami setelah dua jam  terjadinya gempa yang bekekuatan 8, 6, sementara dilaporkan pihak lain hanya.3  telah dicabut kembali . Padahal peringatan tersebut sempat membuat panic warga dengan naik ke atap rumah/bangunan yang tinggi serta upaya mencari tempat yang tinggi.

Hingga berita ini ditayang belum ada laporan tentang kerusakan bangunan atau korban gempa.
India, Thailand dan  Sri Lanka juga telah memperingatkan bahaya tsunami.

·         Tsunami 2004

Setelah bencanan tsunami  2004 , sebuah sistim peringatan dini tsunami di Samudra Hindia elah dipasang oleh  Unesco  [UN scientific agency] pada tahun 2006.

Sensor tekanan pada dasar samudra bertugas untuk mengamati  air yang tidak wajar dan mengirimkan pada panel di atas yang mengapung  dan mengirimkan data melalui satelit. Kmudian diteruskan ke petugas di pantai.

Sistim ini sangat mendesak diterapkan terlebih lebih di Indonesia. Seperti kita ketahui bahwa Pulau Sumatra terletak sangat dekat dengan zona pertemuan lempengan tektonik Indian-Australian yang tertekan oleh lempengan Eurasian.

Tumbukan antara dua lempeng tersebut  menyebabkan terbentuknya Selat Sunda.

Seperti kita ketahui bahwa daerah Aceh sering diterjang gempa dan pada gempa tahun 2004 menimbulkan tsunami yang menewaskan 170.000 jiwa di Aceh dan 250.000 di wilayah sekitar Aceh.

·         Waspada/'Vigilant'      

The US Geological Survey (USGS), yang memiliki data terlengkap mengenai gempa mendeteksi bahwa gempa kemarin berkedalaman 33km (20 miles), sekitar  495km  dari Banda Aceh. Lembaga tersebut mencatata gempa Hari Rabu kemarin  berkekuatan 8.9 magnitude yang kemdian diralat menjadi  8.6 . 

Petugas  A PTWC alert  menyatakan bahwa  terlihatnya perubahan permukaan laut telah mengindikasikan adanya tsunami yang akan menyerang pantai tanpa memilih tempat.

Sementara itu petugas di Thailand  mencatat adanya kenaikan gelombang laut setinggi 10 cm di Kepulauan Koh Miang daerah , Phang Nga.
Getaran gempa tersebut juga dirasakan hingga   Singapore, Thailand, Sri Lanka, Malaysia, Bangladesh  dan  India.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar