Kamis, 31 Maret 2011

Kelak Semua Bisa Piknik Ke Antariksa



Di Tengah Gurun Mojave, ratusan km sebelah utara Los Angeles, para tehnisi mesin telah merancang sebuah pesawat yang dapat membawa wisatawan ke angkasa dan terbuka untuk umum. Publik menyambutnya dan menyebutnya impian telah diambang kenyataan ( a little bit closer).
Pesawat yang bakal membawa wisatawan ke angkasa diberi nama Virgin Galactic spaceship. Badan usaha yang mendanai proyek ini, memastikan bebrapa tahun lagi pesawat itu siap dioperasikan.
Sementara ini baru wartawan dari BBC News yang diberi kesempatan untuk meliput kegiatan mereka. Dengan jelas pesawat tersebut bakal siap dioperasikan dan hanya untuk 6 penumpang setiap perjalanan wisata.
Pesawat tersebut dilengkapi dengan jendela sepanjang badanya termasuk juga sebagian di atap pesawat. Jendela tersebut sengaja dirancang agar wisatawan dapat melihat langit biru dari bumi dan hitamnya ruang angkasa.
Peasawat tersebut mampu membawa wisatawan hingga mencapai ketinggian 360,000 kaki atau 120.000 km. Pada ketinggian ini wisatawan dapat melihat lengkungan bumi dan tebalnya atmosfer.

Namun demikian sebuah tantangan yang besar bakal mereka temui, yaitu penerbangan semacam ini bukan penerbangan dengan pesawat biasa. Sehingga program latihan sang pilotpun sangat ketat, untuk menghindari kesalahan yang fatal. Nampaknya pesawat ini akan menjadi pesawat untuk tujuan koemersil menuju antariksa, sesuatu yang sangat menyenangkan bagi yang mampu. Oleh karena itu sebelum terbang astronot/wisatawan yang bakal gabung dilakukan tes mental dan fisik di terminal selama 3 hari sebelumnya.

Kecepatan 2,500 mil per/jam

Kecepatan di atas adalah kecepatan yang berada di atas kecepatan rata rata pesawat terbang pada ketinggian 110 km. Dan pada ketinggian 50.000 kaki pesawat akan kehilangan udara, sehingga dengan mesin roket pesawat harus memiliki percepatan hingga 2500 mil/jam agar mampu meninggalkan atmosfer dalam waktu kurang dari 1 menit.
Virgin mengakui bahwa perjalanan ke ruang angkasa adalah kegiatan minim emisi karbon dibanding dengan penerbangan menyebrangi Atlantik. Pesawat ini sangat hemat bahan bakar karena terbuat dari karbom murni sehingga sangat kuat dan ringan.
Dalam lima puluih tahun silam baru sebanyak kurang dari 500 manusia mengunjungi angkasa luar. Namun beberapa tahun lagi mungkin ribuan manusia bisa nerkunjung ke angkasa luar.
Setelah sampai di angkasa luar, pesawat akan melipat sayapnya sehingga akan menjadi stabil. Biaya ticket per wisata sebesar £125,000 ($200,000) dan 400 wisatawan telah memesannya.
BBC News 30 Maret 2011-Pondok Sastra HASTI Semarang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar