Rabu, 16 Maret 2011

Gempa Jepang Menimbulkan Tsunami Hingga Pantai NEW ZAELAND

Gelombang Tsunami yang ditimbulkan oleh gempa Jepang berkekuatan 9.0 telah merambah pantai New Zealand. Namun gelombang itu hanya setinggi 86 cm di pelabuhan Lyttelton, salah satu tempay yang deka dengan pusat gempa New Zawland pada Bulan Pebruari yang berkekuatan 6.3. Padahal jarak antara Jepang dan New Zaeland mencapai 8.000 km Tsunamai menerjang New Zaeland setelah 12 jam.

Bahkan grlombang tsunami ini juga menerjang Scott Base, di Antarctica, meski hanya setinggi 10 cm the National Institute of Water and Atmospheric Research (NIWA) yang direase BBC News, 16 Maret 2011.

Gelombang tsunami yang besar mencapai New Zaeland di wilayah Whitianga, yang termasuk wilayah North Island, dan Kaingaroa, di Kepulauan Chatham, sebuah kepulauan utama New Zaeland di sebelah timur, yang diterjang tsunami Jepang setinggi 1, 6 m.

Wilayah lain yang dirambah tsunami lebih dari 1 m adalah Maunganui (pantai NZ sebelah utara dari kepulauan North Island), dan Charleston (sebelah barat dari South Island), dan Timaru (pantai timur dari South Island).

Di Timaru, gelombang tertinggi timbul selama 40 jam setelah gelombang pertama menyentuh wilayah itu.

Terlambatnya gelombang ini kemungkinan, karena membentur benua di Pacifik termasuk benua Amerika Selatan . Menurut ilmuwan AS gelombang pada 11 Maret silam berlangsung di dasar lautan Pasifik.

BBC News 16 Maret 2011- Pondok Sastra HASTI Semarang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar