Sabtu, 12 Maret 2011

Gempa Jepang Menimbulkan Tsunami Hingga Pantai Barat Amerika


Gelombang tsunami yang diakibatkan gempa besar Jepang telah mencapay pantai Pantai Pasifik AS, setelah beberapa jam melewati Hawai. Tetapi gelombang tersebut berpisah dan tidak menyebabkan kerusakan hebat.Diketahui bahwa gempa tanggal 12 Maret 2011 ini adalah gempa terdasyat yang dialami Jepang sepanjang sejarah.

Ribuan warga telah diungsikan meninggalkan pantai di wilayah Hawai. Evakuasi juga dilakukan untuk warga yang berada di pantai barat AS dan Propinsi British Columbia Canada.

Sekurangnya lima warga telah terseret arus di California dan Oregon.



Gelombang tsumani di wilayah Crescent City California, telah encapai lebih dari 2 m sehingga merusak perahu dan dermaga. Peringatan dini akan tsunami telah diserukan kepada warga dan hingga kini warga masih mengungsi untukmenjauh dari pantai di Hawaii. Demikian juga di pantai Barat Alaska, pringatan dini tsunami telah diberikan oleh, California Emergency Management Agency

Sejak dini Presiden Earlier Barack Obama memberika keteranganya bahwa dia telah memonitoring wilayah Hawaii dan Pantai Barat Amerika. Karena tsunami adalah bencana alam yang sering menyerang pantai pantai di California.


Gelombang tsunami sampai di Kepulaian Mildway, sebuah atoll di sebelah Barat Laut Hawaii pada jam 1125 GMT, dengan ketinggian ombak 2 – 4 m, di Nawiliwili mencapai 1, 6 kaki dan Kauai 2,3 ft. Sedangkan kepulaianHawaii diserang tsunami dengan ketinggian 2 – 3 m.

BBC News, 12 Maret 2011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar