Sabtu, 31 Maret 2012

Rally Demo Anti Islam di Eropa


Laporan BBC, 31 Maret 2012

Sebuah kelompok yang menamakan English Defence League (EDL) mengorganisir suatu demo di Denmark, dengan tujuan mendapatkan dukungan dari seluruh negara Eropa dan menjalar ke semua benua dan mengharapkan lahirnya aliansi anti-Islam.

Jubir dari “EDL” mengatakan bahwa sebuah harapan mereka inginkan tentag adanya gerakan luas di Benua Eropa.

Kampanye rasialis dari kelompok garis keras  Islamphobic yang memprihatinkan semua pihak akhir akhir ini telah membuat kekuatan bersama.

·         Kelompok Garis Keras

Jumlah warga Denmark yang ikut gabung dalam demo rally nampaknya relative sedikit.
Tetapi menurut analisa pendemo tersebut berasal dari pemimpin pemimpin gerakan anti-islamic groups yang beragam dari negara negara Eropa.Mereka berkumpul di Danish city  di Wilayah Aarhus sejak Rabu ( 21 Maret 2012) untuk melakukan meeting.

Kelompok utama yang mengorganisir demo ini adalah, yang tidak menginginkan adanya migrasi Muslim ke Eropa, yang nantinya akan menyebabkan konflik.

EDL mengharapkan demo pada hari ini, Sabtu, 31 Maret 2012, akan mampu membentuk  gerakan bersama di seluruh Eropa (pan-European movement) berupa demo yang serentak di semua negara Eropa dalam waktu bersamaan. Menurut  Stephen Lennon pemimpin EDL beberapa ratus pendemo hadir pada demo tersebut.

·         Meningkatnya Ketegangan. 

Wartawan BBC World Affairs  Richard Galpin melaporkan bahwa kecil kemungkinanya EDL mampu meraih sukses pada rally demo tersebut.

Tetapi kampanye  anti-racism garis keras telah mengkhawatirkan dan akan meningkatkan ketegangan di kota kota Eropa, yang akan menstimulir gerakan ekstrim  kedua belah pihak.

Matthew Goodwin pakar ahli “Timur Jauh “ dari Nottingham University di  Britain, pertemuan antara pendemo tersebut sangat berarti meski pengikut dari demo tersebut masih sedikit.

Selanjutnya dia berkata "Seperti yang kita lihat disini, bahwa dalam sejarah Inggris baru pertama terjadi bahwa organisasi anti muslim berusaha memobilisasi pan –Eropa untuk beroposisi terhadap Islam”
Polisi di  Aarhus menyatakan bahwa demo tersebut bakal bertemu dengan pendemo anti-rasialis.Perwira Polisi (Police Superintendent )Mogens Brondum  mengatakan bahwa “Polisi akan tetap memantau situasi dengan tindakan preventif ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar