Selasa, 22 Februari 2011

Gempa Bumi Menggetarkan Christchurh NEW ZAELAND


BBC News, 22 February 2011 yang di up-date 11:56 GMT, melapokan bahwa Perdana Menyeri New Zealand menyatakan bahwa sekurangnya 65 warga tewas karena gempa bumu berkekuatab 6,3 Skalalichter terjadi di Christchurch. Selanjutnya John Key menyatakan bahwa kali ini New Zaeland mengalami hari tergelap.

Getaran gempa merambat dan merusak itu berkedalaman hanya 5 km di bawah Kota Christchurch pada saat istirahat makan siang dan kota dalam keadaan yang paling sibuk. Sebanyak 120 warga yang luka serius telah dibawa ke rumah sakit.
Gempa srupa pernah terjadi 80 tahun yang lalu, yang terjadi pada Hari Minggu jam 12.51 GMT , yang berkedalaman 10 km arah Tenggara kota itu/

• Jeritan dan Kepanikan

Menurut pengakuan walikota Christchurk Jaydn Katene , dia banyak menerima laporan dari sahabat sahabatnya setelah terjadi gempa, dan menyaksikan banyak mayat tewas bergelimpangan di jalan dan tertutup batu bata serta reruntuhan bangunan.

Pertolongan para korban masih dilakukan hingga malam ini (22 Pebruari, 2011), terutama untuk korban yang masih terperangkap dalam reruntuhan. Walikota Christchurch Bob Parker, mengatakan masih ada 100 korban yang terperangkap dalam reruntuhan.

Selanjutnya walikota menyatakan kondisi darurat pada kota itu dan mendirikan pusat pelayanan dan peretolongan korban gempa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar